MENJELAJAHI DUNIA MIKROSKOPIS



Kegiatan di Lab Biologi:

Hello Onzy!! Mari kita jelajahi dunia mikroskopis! Baru-baru ini, kita memiliki kegiatan seru di lab biologi, menjelajahi sel-sel hidup. Simak penjelasan dan foto-foto seru dari eksperimen kita!

Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk mengamati dan membandingkan struktur sel hewan dan tumbuhan. Yuk simak keseruannya!!

Sel merupakan unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup yang mampu melakukan proses kehidupan seperti reproduksi, respirasi, transportasi, ekskresi, dan koordinasi. 

Sel-sel yang ada di bumi dibedakan menjadi prokariotik atau eukariotik. Ciri utama yang membedakan keduanya adalah ada atau tidaknya membran nukleus. Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti, sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti.

Sel pertama kali diobservasi dan diidentifikasi oleh seorang ilmuwan Inggris bernama Robert Hooke (1635-1723). Ketika itu, Hooke mengamati irisan tipis gabus melalui mikroskop sederhana yang dirancangnya sendiri. Oleh karena yang diamati adalah sel-sel mati maka yang tampak hanya kotak-kotak kecil kosong. Hooke menamakan kotak-kotak kecil tersebut sel. Kata sel itu sendiri berasal dari bahasa latin cellula yang berarti ruangan atau kamar kecil.

Apasih perbedaan dan persamaan sel hewan dan tumbuhan? Mari kita bahas!

1.  Sel hewan

Dalam praktikum yang kami lakukan, sel hewan yang digunakan adalah sel epitel pipi. Sel ini diambil dengan cara mengorek pipi dengan tusuk gigi. 


Ini adalah hasil pengamatan kami Onzy. Dari hasil pengamatan, dapat terlihat bahwa bentuk sel hewan memiliki tidak beraturan dan tidak tetap, hal ini karena sel hewan tidak memiliki dinding sel. Salah satu fungsi dinding sel adalah memberi bentuk sel. 

2. Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan yang digunakan dalam praktikum ini adalah sel epidermis bawang merah yang diambil dengan cara mengiris epidermis bawang merah dengan menggunakan cutter.


Hasil pengamatan tersebut menunjukkan bahwa sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap, keras, dan kaku. Hal ini disebabkan karena sel tumbuhan memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa. 

Nah dari pengamatan yang telah kita lakukan, dapat disimpulkan bahwa:

Perbedaan
Perbedaan yang diamati dari sel hewan dan sel tumbuhan adalah pada sel tumbuhan terdapat dinding sel sedangkan sel hewan tidak memilikinya. Adanya dinding sel pada sel tumbuhan menyebabkan bentuknya kaku dan teratur. Sebaliknya sel hewan tidak memiliki dinding sel, tetapi sel hewan memiliki membran sel sehingga bentuknya tidak teratur.

Persamaan
Persamaan antara keduanya yakni sama-sama memiliki organel sel berupa inti sel dan sitoplasma.

Jika ada pertanyaan Onzy bisa menanyakannya pada kolom komentar dibawah. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca, semoga artikel ini bermanfaat ✨





Komentar

Postingan populer dari blog ini

BONJOUR!

KEGIATAN PRAKTEK PERNIKAHAN BUADAYA JAWA